Pantai Ngobaran Gunungkidul Terdapat diantara sisi keindahan dan mistis


Pantai ngobaran gunungkidul memang terdengar masih asing bagi admin, atau mungkin bagi teman-teman pantai ngobaran justru lebih friendly dibanding pantai baron, pantai sundak, pantai inrdayanti dll,

Mungkin perumpamaan yang tepat adalah tak kenal maka tak sayang, yups benar saja, eksotisme pantai di gunungkidul tidak hanya sampai disitu lebih jauh lagi pantai ngobaran menjadi cukup hangat di perbincangkan karena memiliki view yang 180 derajat berbeda dengan kebanyakan pantai di gunungkidul, mau tau apa? Yuk simak.

Dulunya akses menuju pantai ngobaran tertupi oleh rindangnya pepohonan, semua akses ditutupi pohon-pohon yang sangat lebat tidak seperti saat ini, ada sebuah kisah, dulunya Sri Sultan Hamengkubuono IX memberikan perintah kepada kuncen ngobaran agar menebangi pohon dan mengganti dengan kelapa.

entah alasan apa yang melatarbelakangi tidak ada yang tahu pasti, karena sejatinya pantai ngobaran cenderung sebagai tempat semedi dan upacara-upacara meskipun pantai ngobaran sangat indah namun di satu sisi aura mistis pantai ngobaran cukup terasa kental.

Pantai ngobaran lebih tepat disebut sebagai pantai yang memberikan kesan pluralisme dalam artian anda disini seakan-akan serasa di bali namun juga serasa di lingkungan sendiri, yang paling mencolok adalah hadirnya bangunan seperti pura yang berada di pinggir tebing pantai ngobaran, bangunan tersebut seperti kebanyakan tempat ibadah masyarakat bali, tapi admin kurang tahu itu pura atau bukan hehe, dan di dekat pantai ngobaran juga terdapat sebuah mushola yang cukup kecil.

Asal jangan aneh-aneh saat berada di pinggir tebing, jika temen-temen masih sanyang diri sendiri :D tinggi plus sangat besar ombak yang mengahantam dinding tebing pantai ngobaran

Flickr by yogyabox

Banyak yang bilang gunungkidul adalah bali van java, ya mungkin persepsi demikian tidak dapat dibenarkan tapi juga tidak bisa di salahkan sepenuhnya, jika masyarakat luar negeri lebih mengenal bali dari pada Indonesia yang justru menjadi negaranya dan bali hanyalah satu dari 18.000 pulau di nusantara, namun gunungkidul sedikit berbeda, kenapa? Gunungkidul ya gunungkidul bali ya bali haha, okee itu kagak mutu:D

Pantai ngobaran bisa dibilang pantai yang sangat istimewa, dari sekian banyak pantai di gunungkidul, pantai ngobaran memeiliki keunikan yaitu rumput laut atau alga hijau dan cokelat yang banyak tumbuh di pesisir, jadi jangan membayangkan ini berupa pasir melainkan berupa karang.

Temen admin ada yang sangking semangatnya berlari-berlari karena mungkin lagi waras haha, mungkin emang nasib dia lagi beruntung, gimana tidak landak laut pun dengan gagah di injak, alhasil haha nyabutin dulu dari kaki :D

Pantai Ngobaran


Mungkin temen-temen ada yang mau berlari di batu karang juga :D, okee saya harap jangan.

Pantai yang memiliki karang dan alga bukan ganggang, adalah satu bentuk ekosistem yang cukup baik dalam wilayah laut, karena akan banyak biota-biota laut yang dapat berlindung di karang, plus geografi yang seperti ini cukup dapat melindungi biota tersebut.

Bahkan menerut beberapa sumber pantai ngobaran jogja juga terdapat biota laut yang cukup jarang yaitu bintang laut, namun admin tidak melihat tanda-tanda kehidupan bintang laut di pantai ngobaran, mungkin dua kata yang terlontar. Kurang beruntung.

Tapi ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan, padang rumput laut di pantai ngobaran yogyakarta tidak mesti tampak setiap saat karena beberapa waktu padang rumput laut tertutup oleh air laut ya mungkin bisa dibilang pasang dan surut.

Bagi anda yang hobi makan jangan khawatir karena anda dapat membawa makanan sendiri :D, ada warung kecil yang bisa dijadikan istirahat.

Flickr by Bram Manyuro

Secara keseluruhan pantai ngobaran memiliki ciri khas yang bertolak belakang dari pantai yang berada di gunungkidul, dan pantai ngobaran seakan-akan menjadi obat rindu bagi anda yang mungkin dengan bosan dengan view pantai yang selalu sama, namun di pantai ngobaran gunungkidul anda akan mendapatkan ketenangan yang tidak kalah powerfull.

Padang rumput laut atau alga hijau di pantai ngobaran, seakan-akan mendamaikan suasana hati walaupun jika anda hanya menatap sebentar.

Karena admin yakin pasti anda akan menatap cukup lama dan mungkin akan membuat anda berkali-kali menggelengkan kepala :D.

pesan admin jangan buang sampah sembarangan dan selamat menikmati eksotisme pantai ngobaran gunungkidul.

Keunikan pantai ngobaran:

  1. Hadirnya sebuah Pura yang berada di sisi tebing
  2. Padang ruput laut atau bisa dibilang alga hijau
  3. Adanya Batu besar di pinggir laut yang menambah kesan anggun pantai ngobaran gunungkidul

Fasilitas pantai ngobaran:

  1. Tempat ibadah
  2. Tempat parkir
  3. Warung makan
Pantai ngobaran bisa dijadikan tempat wisata yang menyenangkan diakhir pekan.

Selamat di Pantai ngobaran Gunungkidul :)

Pantai Ngobaran Gunungkidul Terdapat diantara sisi keindahan dan mistis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

5 komentar:

  1. pantai terkeren di gunung kidul

    ReplyDelete
  2. Pantai ngobaran memang berbeda dengan pantai pantai lainnya yg berada di gunungkidul, pemandangan pantainya yg ada ada patung patungnya mirip suasanan di bali.

    ReplyDelete
  3. Keindahan di pantai ngobaran memang sangat keren gan.....,apa lagi di sana ada patung patungnya yang sangat bagus untuk berfoto-foto!

    ReplyDelete

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara