Keindahan Pasir Putih Pantai Bama

Keindahan Pasir Putih Pantai Bama | Secara administratif, Taman Nasional Baluran termasuk dalam wilayah kecamatan Banyuputih, Situbondo. Tempat ini tidak hanya menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan lokal, namun tidak sedikit juga para wisatawan mancanegara yang mengunjungi tempat wisata yang sering disebut dengan Afrika-nya Indonesia ini. Setelah menempuh perjalanan sejauh 3 km dari pos Bekol atau sekitar 12 km dari pintu masuk Taman Nasional Baluran. Setelah berjalan menembus hutan dan melewati jalanan berbatu, anda akan menemukan hamparan pasir putih diselimuti dengan ombak air laut yang tenang. Pantai itulah yang bernama Pantai Bama.

Keindahan Pantai Bama.
Dengan ekosistem yang masih terjaga, mendukung kehidupan terumbu karang yang banyak terdapat di sekitar pantai Bama. Pantai dengan ombak yang cukup tenang ini sangat cocok sekali untuk sebagai tempat olahraga air pada umumnya seperti snorkling atau diving unuk menikmati aneka ragam terumbu karang dan ikan-ikan yang menghuni terumbu karang. Utamanya pada saat musim kemarau yang cukup panas, ada banyak sekali turis asing yang menghabiskan waktunya di pantai tersebut untuk berjemur. Udara dipantai Bama juga terkesan sejuk karena sekitar pantai ini, dikelilingi oleh hutan bakau yang cukup ridang.

Hutan bakau yang tumbuh di sekeliling pantai Bama ini memiliki alur yang berkelok-kelok sampai dengan puluhan kilometer jauhnya. Dan menjadi tempat habitat dari berbagai macam jenis burung serta kera-kera liar. Hutan bakau tersebut memiliki fungsi untuk menahan abrasi gelombang laut yang menyapu pantai, serta berfungsi untuk menopang ekosistem yang ada di pantai Bama. Selain banyak sekali jenis burung dan kera liar yang tinggal pada hutan bakau tersebut, juga terdapat bermacam jenis ikan, ular dan bahkan kucing hutan juga dapat anda jumpai disini, namun hanya akan keluar pada malam hari.

Dengan hamparan pasirnya yang putih, hawa yang sejuk dan juga pemandangan yang indah, membuat para wisatawan asing seolah-olah merasa seperti berjemur di Pantai Hawaii. Dan tidak hanya itu saja, pantai Bama juga kaya akan keaneka ragaman hayati yang terdapat di bawah laut. Dengan berbagai jenis dan bentuk dan warna terumbu karang serta bermacam-macam ikan hias dapat anda jumpai juga disini.

Fasilitas di Pantai Bama.
Di pantai Bama juga tersedia berbagai fasilitas yang memadai sebagai penunjang kenyamanan para turis yang berlibur di tempat ini. Bagi anda yang gemar penyelam untuk dapat menikmati keindahan dan keeksotisan pemandangan bawah air pantai Bama, anda bisa menyewa alat snorkling pada pihak pengelola Taman Nasional Baluran cukup dengan biaya sekitar Rp 35.000 per hari. Biaya sewa itu hanya untuk alat snorkel dan masker saja, dah tidak termasuk fin. Karena daerah sekitar pantai Bama hanya memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter saja. Sehingga anda tidak akan terlalu kesulitan untuk menjangkau dasar laut untuk menikmati keindahan terumbu karang dan menikmati keindahan ikan yang berenang-renang disekitar terumbu karang.

Dan bagi anda yang tidak bisa berenang, anda tidak perlu berkecil hati. Anda masih bisa menikmati keindahan alam bawah air Pantai Bama dengan menggunakan fasilitas berupa glass bottom boat. Perahu ini dilengkapi dengan kaca pada bagian bawahnya sehingga anda tetap bisa menikmati keindahan terumbu karang di bawah laut pantai Bama. Anda akan dikenai tarif sewa senilai Rp 300.000 untuk 10 orang penumpang. Selain itu, anda juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar pantai Bama dengan cara menyewa kano. Cukup dengan membayar tarif sewa senilai Rp 25.000 anda sudah bisa menyusuri pantai bama dan menikmati panorama yang disuguhkan di pantai ini.

Setelah puas menikmati keindahan terumbu karang dan pemandangan pantai yang indah, anda bisa memanjakan diri anda dengan fasilitas resort yang memang disediakan oleh pihak pengelola untuk para pengunjung. Pantai Bama dilengkapi dengan dua buah cottage yang cukup nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat. Serta dilengkapi dengan fasilitas cafetaria, yang bisa dijadikan tempat untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan pantai Bama. Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang menjadi daya tarik pantai Bama.

Dari surabaya menuju ke Pantai Bama, anda akan membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 6 jam. Dari Surabaya anda bisa menempuh jalur pantura dan langsung menuju ke Kabupaten Situbondo. Dari pintu masuk Taman Nasional Baluran, anda bisa menuju ke Pantai Bama dengan menggunakan mobil maupun motor dengan dan akan memakan waktu sekitar 30 menit.

Keindahan Pasir Putih Pantai Bama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus

0 komentar:

Post a Comment

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara