Tempat Wisata Kediri Yang Paling Populer

Tempat Wisata Kediri Yang Paling Populer – Salah satu kota terbesar yang ada di Jawa Timur, setelah Surabaya dan Malang yang harus anda eksplor yaitu Kediri. Selain kota yang memiliki berbagai catatan sejarah, kota tersebut juga memberikan tempat pariwisata yang cukup terkenal dengan menawarkan berbagai keindahan alam dan fasilitas memadai.

Apa yang anda ketahui tempat wisata di daerah Kediri? Mungkin, anda akan mengatakan Kampung Inggris? Gunung Kelud? Dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk itu artikel kali ini akan membahas tempat wisata yang berada di Kediri dan tentunya populer dikalangan masyarakat, baik lokal, regional maupun internasional . Simak bahasan di bawah ini. 

Tempat Wisata Kediri Yang Paling Populer
1. Tjoe Hwie Kiong
Tjoe Hwie Kiong merupakan candi bersejarah yang dibangun sejak zaman kolonial. Beralamat di Jalan Yos Sudarso No 148, kuil yang didirikan berada di tepi Sungai Brantas. Biasanya pada bulan Mei dan Juni diadakan pertunjukan wayang. Candi ini merupakan salah satu ikon masyarakat Kediri, karena itu perawatan dan melestarikan warisan budaya ini sangat dijunjung tinggi.

2. Gunung Kelud
Adanya kubah lava inilah yang menjadi daya tarik bagi para pecinta gunung. Objek wisata ini juga menawarkan bagi anda yang ingin melakukan kegiatan di sekitar kawasan tersebut seperti mandi air panas, panjat tebing dan flying fox. Di Gunung Kelud sendiri  tidak ditemukan kawah-danau, namun memberikan kawah baru yang terlihat sangat menakjubkan. Sehingga objek ini menjadi salah satu yang paling populer.

3. Air Terjun Dolo
Sebaiknya jika anda berlibur bersama kerabat atau keluarga, kunjungi tempat wisata ini. Berbagai fasilitas ditawarkan dari  bermain air, hiking, lintas alam, hingga camping ground . Berlokasi di Desa Jugo dan pada ketinggian 1.800 m dpl, untuk itu anda harus berjalan dalam pendakian agar sampai ke lokasi air terjun tersebut.  Suasana pegunungan yang menyuguhkan udara dingin dan segar. Sehingga baik untuk pernapasan udara anda.

4. Air Terjun Irenggolo
Air Terjun Irenggolo bukan hanya menyajikan air yang terjun dari pegunungan, namun memberikan fasilitas buat para pengunjungnya. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain taman bermain, hutan teduh alami pinus, camping ground, hiking dan jogging area. Selain itu terdapat pohon hijau yang tumbuh sehingga indah untuk dipandang. Anda hanya perlu menempuh waktu 30 menit dari pusat kota Kediri.

5. Monumen Simpang Lima Gumul
Monumen ini menjadi salah satu maskot Kabupaten Kediri. Jika dilihat secara keseluruhan monumen tersebut hampir mirip seperti arc de triomphe di Paris. Bangunan tersebut menggunakan konsep arsitektur menarik, seperti ukiran relief dan khas lokal  yang mengandung arti yakni menceritakan sejarah kota Kediri. Beberapa fasilitas tersedia daerah yakni kolam renang, jogging, taman bersepeda, dan kuliner tradisional.

6. Gua Selomangleng
Gua yang letaknya di  Desa Waung Mojoroto, jika anda dari pusat kota jaraknya sekitar 7 km. Konon, gua ini memilki nilai sejarah  tinggi. Dengan adanya relief yang terdapat pada bagian dalam maupun luar gua tersebut.  Cerita yang menarik dari asal mula gua tersebut yakni dahulu Goa Selomangleng menjadi tempat yang digunakan oleh Dewi Kilisuci, seorang putri dari Raja Erlangga untuk mengasingkan diri kemudian bertapa agar terhindar dari penolakan tahta kerajaan.

Sekian pembahasan yang telah disampaikan. Semoga tempat wisata yang telah dinformasikan di atas  dapat menjadi inspirasi anda ketika jalan-jalan ke kota Kediri. 

Tempat Wisata Kediri Yang Paling Populer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus

0 komentar:

Post a Comment

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara